Waduk Malahayu, Obyek Wisatanya Kabupaten Brebes

Brebes Now | BrebesNow.Com - Kabupaten Brebes Jawa Tengah, ternyata memiliki beberapa obyek wisata yang indah, diantaranya yaitu Obyek Wisata Waduk Malahayu. Kawasan waduk Malahayu ini mempunyai luas ± sekitar 944 hektare.

Di Obyek Wisata Waduk Malahayu ini anda akan menemukan hutan-hutan yang masih asri dan rimbun serta panorama alam pegunungan yang indah, dikelilingi hutan jati yang luas yang sering dijadikan bumi perkemahan. Ditengah waduk Malahayu tersebut anda juga dapat melihat aktifitas warga sekitar yang sedang mencari ikan.

Sejarah

Obyek Wisata Waduk Malahayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah ini menyajikan berbagai keindahan dan kenangan-kenangan sejarah masa lampau. Konon, pembuatan Waduk Malahayu yaitu pada zaman penjajahan pada tahun 1930 oleh Kolonial Belanda. Sebelum adanya Waduk Malahayu, tempat tersebut merupakan desa-desa yang kemudian desa-desa tersebut dikosongkan oleh Belanda dan dijadikan sebagai waduk untuk menampung air yang akan dialiakan ke persawahan wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kersana, Ketanggungan, Losari, Tanjung dan Bulalakamba dan juga sebagai pengontrol banjir. Ada sekitar tujuh desa yang dikosongkan oleh Belanda, warga yang sebelumnya tinggal di desa-desa tersebut akhirnya menyebar dan membentuk desa baru, desa-desa baru tersebut diantaranya yaitu desa Karacak, desa Kertasari, desa Pananggapan, desa Cipajang dan lain-lain.

Dahulu ketika alat transportasi dan jalanan belum seperti sekarang, Waduk Malahayu difungsikan sebagai media transportasi penghubung antara desa satu dengan desa lainnya, alat transportasi tersebut tentu saja dengan perahu.

Fasilitas

Di Obyek Wisata Waduk Malahayu anda juaga bisa menggunakan Jasa naik perahu berkeliling melihat-lihat Waduk Malahayu dari jarak yang lebih dekat. Di tengah-tengah Waduk Malahayu ada sebuah daratan kecil yang warga sekitar sering menyebutnya dengan daratan NUSA.

Disamping Waduk Malahayu menawarkan panorama alamnya yang indah, disana juga terdapat kolam renang anak, tempat bermainan anak, becak air, perahu dayung, panggung hiburan dan disediakan juga tempat parkir dengan lahan yang cukup luas.

Terkadang di Obyek Wisata Waduk Malahayu diadakan lomba balap perahu, lomba mancing, dan sebagainya.Pada setiap Idul Fitri diadakan Pekan Wisata dengan pentas orkes melayu/dangdut sebagai hiburan. Sementara untuk Sedekah Waduk, dilaksanakan oleh masyarakat setempat setiap hari raya.

Kuliner

Hidangan istimewa di lokasi Obyek Wisata Waduk Malahayu ini adalah Mujair Goreng. Hampir semua warung makan yang berada di sekitar waduk Malahayu menyediakan ikan mujair goreng dan dengan harga yang terjangkau.

Mitos

Masyarakat sekitar waduk Malahayu mempercayai bahwa pasangan pengantin baru yang membasuh muka dengan air waduk tersebut, maka Allah SWT akan memberi kelanggengan dalam mengarungi mahligai rumah tangga. Karena hal tersebut, maka hampir setiap ada pengantin baru, mereka selalu menyempatkan diri berkunjung ke lokasi tersebut dan membasuh mukanya dengan air waduk. Yang unik, terkadang ada pasangan pengantin yang datang kesana dengan masih mengenakan pakaian pengantinnya dan diiringi puluhan bahkan ratusan pengiring pengantin. Tradisi ini selain dipercaya mengandung berkah kelanggengan bagi pasangan pengantin, juga dilaksanakan sebagai upaya untuk tolak bala.

Lokasi

Obyek Wisata Waduk Malahayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah ini tepatnya terletak di desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Dalam kondisi  jalanan tidak macet, maka untuk menempuh perjalanan menuju Obyek Wisata Waduk Malahayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah dari pusat kota Brebes hanya akan memakan waktu ± sekitar 1 jam atau ± 6 km dari Banjarharjo dan 17 km dari Tanjung.

Menarik bukan ??? Jika anda melewati daerah brebes sempatkan diri anda untuk sejenak menikmati udara segar di Obyek Wisata Waduk Malahayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »