Cara Membuat Telur Asin Masir Dengan Batu Bata, Asli Brebes !!!

BrebesNow.Com - Telur asin merupakan makanan yang memang enak untuk dinikmati setiap saat, baik untuk lauk ataupun dimakan langsung, enaknya memakan telur asin ternyata tak seenak proses pembuatannya karena ada proses dimana si pembuat harus berkotor-kotor ria dengan adonan yang salah satunya dengan bahan batu bata yang dihaluskan. Agar tidak penasaran maka dari itu nanti akan kami jelaskan proses cara membuat telur asin masir dengan batu bata, agar kita semua tahu prosesnya dan jika mempunyai keniatan anda juga bisa mencoba membuatnya dirumah.

Sebelum beranjak dalam proses pembuatannya, perlu diketahui bahwa sebenarnya itu telur asin berasal dari orang cina yang berada di daerah brebes yang membuatnya dan menjadikan makanan yang eksklusif dan terkenal pada jamannya, orang cina tersebut yaitu dari pasangan keluarga In Tjiau dan Tan Polan nio. Eksklusifnya telur asin tersebut karena memang pada saat itu produksinya masih sangat sedikit dan pemasarannya kebanyakan ke jakarta.

Berkembangnya dunia pertelur asinan di brebes bermula ketika karyawan dari produsen telur asin pasangan keluarga In Tjiau dan Tan polan Nio memutuskan untuk keluar dari tempatnya bekerja dan membuat usaha telur asinya sendiri. Dari situlah akhirnya ilmu cara-cara membuat telur asin tersebar luas, sampai kita semua saat inipun tahu cara dan triknya bagaimana cara membuat telur asin dengan cepat, cara membuat telur asin masir dengan batu bata, cara membuat telur asin dengan abu gosok, cara membuat telur asin dengan air garam dan cara pembuatan telur asin dengan model dan varisi-variasi tertentu.

Kali ini kita akan memfokuskan dalam tutorial pembuatan telur asin yaitu dengan olahan batu bata, sebagai orang brebes kami akan sajikan langsung dari teks prosedur membuat telur asin masir yang benar. Banyak sekali telur asin yang beredar dipasaran baik yang diproduksi secara kecil-kecilan maupun diproduksi dengan sekala besar, namun telur asin brebeslah yang tetap menjadi primadona dilidah para penikmatnya, terbukti dari semakin banyaknya produsen telur asin diluar kabupaten brebes namun ketika musim mudik tiba para pemudik selalu berbondong-bondong menyempatkan diri untuk singgah dibrebes dan membeli telur asinnya. Usut punya usut para penggemar telur asin lebih memilih telur asin brebes karena enak dan tekstur kuning telurnya yang masir.

Oke, langsung saja silahkan pelajari tahapan-tahapannya dalam membuat telur asin dibawah ini.

Bahan bahan utuk membuat telur asin masir dengan batu bata:

  1. 1 liter air
  2. 4 buah batu bata
  3. 1 buah ember
  4. 12 butir telur bebek
  5. 500 gram garam

Cara membuat telur asin masir dengan batu bata:

  1. Rendam telur bebek yang telah disiapkan sebelumnya di dalam air selama kurang lebih 2 menit. Tahap ini untuk mengetahui apakah telur bebek benar-benar berkualitas bagus. Jika ada telur yang mengambang / mengapung, maka segera di buang, telur yang mengapung merupakan telur dengan kualitas jelek.
  2. Setelah melalui tahap pemilihan telur kemudian bersihkan telur bebek tadi (yang tenggelam) hingga benar-benar bersih. Dalam tahap ini harus ekstra hati-hati, cara menggosok dalam membersihkan telur yang teralu kenang maka dapat mengakibatkan telur menjadi retak atau bahkan bisa sampai pecah, maka berhati-hatilah!.
  3. Setelah membersihkan kotoran luar telur, ada tahap yang bersifat optional, yaitu mengamplas kulit telur yang bertujuan untuk membuka pori-pori telur yang nantinya dapat mempermudah meresapnya garam kedalam telur.
  4. Keringkan telur yang telah di bersihkan dan diamplas tadi, kemudian taruh ditempat yang aman.
  5. Ambil Batu bata yang tadi sudah disiapkan, kemudian hancurkan batu bata tersebut satu persatu hingga batu bata benar-benar lembut seperti tepung, untuk menghancurkan batu bata anda dapat menggunakan palu atau alat lain yang keras. Agar batu bata tidak berceceran kemana-mana anda juga harus mempertimbangkan wadah yang digunakan sebagai tempat batu bata saat menghancurkannya, sebagai contohnya anda bisa menggunakan kantong yang terbuat dari kain yang tahan sobek saat di pukul dengan palu atau benda keras lainnya.
  6. Campurkan tepung batu bata yang sudah halus tadi dengan air, aduk hingga rata. untuk ukuran air jangan sampai terlalu banyak yang mengakibatkan adonan batu bata sulit untuk dibentuk menjadi bola-bola, diperkirakan hingga adonan mempunyai tekstur seperti tanah liat atau pasta.
  7. Setelah adonan batu bata bertekstur seperti tanah liat kemudian masukkan garam yang telah disiapkan dan aduk lagi hingga merata. Dalam pengolahan / pencampuran bahan pada tahap ini dan sebelumnya disarankan menggunakan tangan tanpa alat seperti sendok dan sebagainya, karena bahan-bahan akan lebih tercampur dengan baik dibandingkan dengan menggunakan alat.
  8. Ambil telur bebek tadi dan lumuri atau lapisi semua telur satu persatu dengan adonan batu bata setebal kurang lebih 3 cm hingga telur tidak nampak dan berbentuk seperti gumpalan tanah merah. Dalam tahap ini jangan habiskan semua adonan untuk mlapisi telur namun sisakan untuk digunakan pada tahap selanjutnya.
  9. Satu persatu masukan telur-telur yang sudah dilapisi adonan batu bata dan garam ke dalam ember.
  10. Ambil adonan yang sebelumnya telah disisakan dan taburkan semuanya diatas telur yang sudah berada didalam ember.
  11. Simpan ember ditempat yang aman yang nantinya akan kita buka setelah 14 hari kedepan.
  12. 14 hari berlalu, bongkar semua adonan yang melapisi setiap telur.
  13. Bilas telur dengan air bersih.
  14. Setelah dibilas dan bersih, rebus (bisa juga dengan di kukus) telur selama kurang lebih 1 jam dengan api kecil dan agar telur tidak menjadi rusak diusahakan air rebusan jangan sampai mendidih.
  15. Telur asin masir dengan batu bata siap disajikan.

Setelah kita mengetahui tahapan tahapan dalam membuat telur asin masir dengan batu bata, langkah selanjutnya yaitu ada ditangan anda, apakah anda akan mempraktikannya atau sekedar sebagai pengetahuan saja. Langkah-demi langkah diatas sudah sangat jelas dan gamblang sehingga membuat kita mengetahui apa saja bahan-bahannya, bagaimana pengolahannya, berapakah waktu yang diperlukan untuk membuat telur asin dan mengetahui varian rasa telur asin. Siapkah untuk mempraktikannya sendiri?

Sebelum kami akhiri tulisan ini, perlu disampaikan bahwa tidak salah anda belajar cara membuat telur asin masir dengan batu bata karena memang sebelum menjadi telur asinpun, telur sendiri sudah sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak gizi, apalagi ketika sudah melalui proses pengasinan maka gizinya akan bertambah dua kali lebih banyak ditambah lagi mengandung kalsium dan mineral yang baik untuk tubuh kita. Terimakasih, Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »